Peluncuran Aplikasi iSemarangKab: Revolusi Digital Perpustakaan Kabupaten Semarang

iSemarangkab-03

Kabar Aksaramaya

Selasa, 11 Juni 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab. Acara ini digelar di Pendopo Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Semarang, dengan harapan dapat meningkatkan akses layanan publik dalam bidang arsip dan perpustakaan.

Acara peluncuran aplikasi perpustakaan digital iSemarangkab dihadiri oleh sejumlah pejabat dan para tokoh penting, antara lain Ngesti Nugraha, Bupati Semarang,  Basari, Wakil Bupati Semarang,  Heru Cahyono, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Tajudin Noor, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Semarang, Pimpinan Perangkat daerah, Camat dan Aang Asep Abdul Wahid perwakilan PT. Woolu Aksara Maya selaku mitra implementasi aplikasi perpustakaan digital iSemarangkab.

Dalam sambutanya, Bupati Ngesti Nugraha menyampaikan harapan besar terhadap aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab. “Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca, terutama di kalangan pelajar. Kami berharap, para pelajar dan masyarakat umum akan semakin antusias dalam kegiatan membaca.”

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Heru Cahyono, menjelaskan bahwa aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab dirancang untuk membuat aktivitas membaca menjadi lebih mudah, efisien, dan cepat. “Saat ini, kami telah menyediakan 770 buku digital pada aplikasi iSemarangkab, serta 38.332 bahan pustaka.”

Ia menambahkan bahwa untuk dapat membaca buku digital, masyarakat harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dapat dilakukan dengan menggunakan alamat email. “Nantinya, pembaca diberi waktu tiga hari untuk meminjam satu buku digital. Setelah itu, aksesnya akan ditutup,” jelas Heru Cahyono.

Selain peluncuran aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab, dilakukan juga restorasi sebuah kitab/buku yang memuat naskah berhuruf Jawa Kuno. Restorasi ini dilakukan oleh seorang arsiparis menggunakan kertas tisu Jepang (mino washi), dengan tujuan membersihkan, memulihkan struktur fisik, dan menjaga kitab tersebut dari kepunahan.

Melalui aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab, Pemerintah Kabupaten Semarang berharap dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat dan memastikan bahwa pengetahuan serta informasi dapat diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Semarang.

Jadi, apakah Sahabat Literasi telah memanfaatkan fitur-fitur dari aplikasi perpustakaan digital iSemarangKab saat ingin membaca buku? Supaya lebih memudahkan Sahabat Literasi membaca buku dimana saja dan kapan saja, maka segera download di Play Store atau akses versi dekstop di https: https://isemarangkab.moco.co.id/.

Daerah Anda tertarik memiliki platform teknologi perpustakaan digital? Hubungi partnership@aksaramaya.com atau 0859106725577

Salam literasi!

by : Ma’ruf Munir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *