Sosialisasi Enrekang Digital Library Sampai ke Pelosok-Pelosok Desa

Sosialisasi Enrekang Digital Library 8

Kabar Aksaramaya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Enrekang mulai tanggal 8 Maret sampai 10 Maret 2022 melaksanakan kegiatan sosialisasi Aplikasi Enrekang Digital Library sekaligus Monitoring dan Mentoring informal bagi Perpustakaan Desa yang digelar di 6 perpustakaan desa.

Kegiatan sosialisasi tentang pemanfaatan perpustakan digital di 6 desa tersebut mengundang pula beberapa kalangan di antaranya meliputi pemuda-pemudi desa, pelajar, mahasiswa, dan ibu-ibu. Para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut langsung dipandu untuk menginstall aplikasi Enrekang Digital Library di smartphone android masing-masing, cara pengunaan aplikasi tersebut, sampai cara meminjam koleksi buku untuk dibaca.

Beberapa perpustakaan desa yang dikunjungi tersebut di antaranya adalah perpustakaan desa Karrang, perpustakaan desa Malalin, perpustakaan desa Taulan, perpustakaan desa Bambapuang, perpustakaan desa Mampu dan perpustakaan desa Saruran. Kesemua perpustakaan tersebut adalah mitra dalam sebuah Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pula yang sudah diberikan dukungan berupa perangkat TIK dan penguatan kualitas bagi para pengelola perpustakaannya.

Mengingatkan kembali bahwa Enrekang Digital Library merupakan sebuah aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang yang berkerja sama dengan Aksaramaya. Enrekang Digital Library sudah berbasis media sosial yang juga telah dilengkapi dengan banyak fitur menakjubkan. Bahkan, membaca buku-buku digital dengan aplikasi Enrekang Digital Library itu sangat mudah sekali, karena pemustaka dapat membaca buku-buku digitalnya secara online ataupun offline sekalipun.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan tersebut memiliki tujuan untuk mengamati perkembangan perpustakaan di desa dengan melihat langsung pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kegiatan yang melibatkan masyarakat dan dukungan dari pihak pemerintah setempat.

Berkat adanya kegiatan monitoring dan mentoring ini diperoleh beragam informasi terkait kondisi dan tantangan yang harus dihadapi pada setiap perpustakaan desa. Selain itu, tim Dispustaka Kabupaten Enrekang memberikan pula motivasi serta dukungan supaya para pengelola perpustakaan desa dapat lebih aktif dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

Sedangkan, untuk kegiatan sosialisasi tentang pemanfaatan perpustakaan digital Enrekang yang dilakukan tersebut menjelaskan tentang bagaimana mudahnya mengakses pelayanan perpustakaan lewat smartphone dan komputer. Pada kesempatan itu pula, Irsan selaku pustakawan dalam sosialisasi di Perpusdes Malalin menyampaikan, bahwa adanya Enrekang Digital Library ini bisa meningkatkan pelayanan informasi dengan kemudahan akses buku digital (e-book) yang dapat disediakan melalui perangkat komputer di perpustakaan desa dan secara langsung bisa juga melalui smartphone milik masyarakat sendiri.

Beliau juga mengharapkan pelayanan digital melalui aplikasi Enrekang Digital Library dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta sosialisasi yang hadir dan juga bisa meneruskan informasi tentang aplikasi tersebut kepada masyarakat desa yang lain.

Lebih lanjut, Irsan menyampaikan, jika ada masyarakat desa yang belum menemukan bahan bacaan yang berbentuk tercetak di perpustakaan desa, maka mereka bisa diarahkan untuk mengakses bahan bacaan tersebut melalui perangkat komputer perpustakaan desa yang telah dipasangi aplikasi Enrekang Digital Library. Selain itu, harapan kedepannya adalah para pengelola perpustakaan desa juga lebih aktif dalam mensosialisasikan aplikasi Enrekang Digital Library dan membantu masyarakat desa supaya bisa lancar menggunakannya.

Untuk masyarakat Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, ayo unduh aplikasi perpustakaan digital Enrekang! Supaya lebih memudahkan Sahabat Literasi, maka segera download langsung di play store, dan akses versi dekstop di https://enrekang.moco.co.id/ ya.

Universitas Anda tertarik memiliki platform teknologi perpustakaan digital? Hubungi partnership@aksaramaya.com atau 0859106725577

Salam literasi!